Proses pengambilan keputusan yang
terdiri dari 5 tahap yaitu :
1.
Menganalisis keinginan dan kebutuhan
2.
Pencarian informasi
3.
Penilaian dan pemilihan alternative
4.
Keputusan untuk membeli
5.
Perilaku sesudah pembelian
Situasi pembelian berkaitan dengan:
·
Pertama : Lingkungan di dalam toko
seperti ketersediaan produk, perubahan harga, dan kemudahan belanja dengan
pilihan berbelanja.
·
Kedua : Situasi berkaitan dengan
apakah produk yang di beli untuk hadiah atau untuk diri nya sendiri. Konsumen biasanya
menggunakan criteria yang berbeda dan mungkin memilih merk yang berbeda dan
mungkin memilih merk berbeda jika ia membeli untuk dirinya sendiri.
·
Ketiga : Situasi pembelian berkaitan
dengan keadaan mood konsumen ketika berbelanja. Keadaan senang atau keadaan
susah mempengaruhi pemrosesan dan pencarian informasi tentang produk.
Menurut Howard dan Sheth ada
3 model dalam pengambilan keputusan :
·
Pemecahan masalah yang luas
yaitu pengambilan keputusan dimana pembeli belum mengembangkan criteria
pemilihan.
·
Pemecahan masalah terbatas
yaitu situasi yang menunjukan bahwa pembeli telah memakai criteria pemilihan,
tapi ia belum memutuskan merk apa yang terbaik.
·
Pemecahan masalah berulang
kali yaitu pemilih telah menggunakan criteria pemilhan dan telah pula menetap
kan produknya.
Variabel Stimulus
Variable
stimulus merupakan variabel yang berada di luar diri individu (faktor eksternal) yang sangat berpengaruh dalam proses
pembelian. Contohnya: Merek dan jenis barang, iklan,pramuniaga,penataan barang,
dan ruangan toko.
Variabel Respons
Variabel respons merupakan hasil aktivitas individu
sebagaireaksi dari variabel stimulus.
Variabel respons sangat bergantung pada faktor individu dan kekuatan stimulus. Contohnya: keputusan membeli barang, pemberi penilaianterhadap
barang, perubahan sikap terhadap suatu produk.
Sumber:
http://www.scribd.com/doc/51964589/TEORI-DAN-MODEL-PERILAKU-KONSUMEN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar